LAWAN DAN HANCURKAN KEGOBLOKAN, GOOOOOOOO...Block Goblok !!! LAWAN DAN HANCURKAN KEGOBLOKAN, GOOOOOOOO...Block Goblok !!! LAWAN DAN HANCURKAN KEGOBLOKAN, GOOOOOOOO...Block Goblok !!! LAWAN DAN HANCURKAN KEGOBLOKAN, GOOOOOOOO...Block Goblok !!!

YANG JANTUNGAN DILARANG MENCET

ALHAMDULILLAAAAAAAAAAAHHH !!! ternyata kamu ga sakit jantung ya :) jantungnya di jaga baik baik karena semua itu adalah surprice terbesar n tercanggih yg d kasih tuhan yang terkadang kita ga sadari... mungkin cuma itu yang dapat saya sampaikan kalau ada kurangnya mohon di iklasin, tapi kalau ada lebihnya mohon di kembaliin hehe :) ... okeehh,.. ahir kata semoga sehat dan panjang umur dan selamat bersurfing ria at BLOG BLOCK GOBLOK, THX

INTRODUCTION

Foto saya
You may know my name not my history

Minggu, 22 April 2012

tips membuka usaha distro/clothing

Bisnis distro/clothing saat ini memang sedang menjamur, dan ane pikir ini adalah bisnis yang gak bakal bisa mati. Kenapa? Jelas aja, siapa coba yang gak perlu pake baju ? pake sandal? Pake celana ?? Heheheh.. Oke langsung aja gan, ke pokok permasalahan. Mudah mudahan gak ya. Kalo berguna ane minta aja. Jangan di , mending kita .

Meski ane mulai dengan modal cuma 20 jutaan awalnya, tp bisa berkembang kok. Baca aja kisah ane yang cuma anak petani tapi bisa maju jaya di bisnis distro/clothing. Yang paling penting itu justru tekad dan semangat wirausaha. Agan mesti punya motivasi yang jelas untuk berbisnis misalkan pengen nabung naik haji, pengen ngebahagiain orang tua, pengen cepet resign dari kantor, atau sebagainya.

Oke berikut tips tips untuk memulai usaha distro/clothing yang ane rangkum seringkas dan sejelas mungkin.




1. Ide dan Konsep


Quote:

Ini yang paling awal yang mesti Agan agan pikirin sebelum mulai bergerak. Mencari ide dan konsep dari distro/clothing yang agan mau buat. Bisa itu berkonsep music, pop, urban art, konsep tengkorak, konsep futuristic, atau bisa juga konsep daerah seperti clothing khas jogja, atau konsep lain. Disini letak seni nya per distro an, bebas ber ekspresi, bebas beda, pokoknya bebas (independent) !

2. Brand atau Merk

Quote:

Apalah arti sebuah nama. Pernah denger pepatah gitu gak gan? Di bisnis pepatah itu gak berlaku banget. Setelah ketemu konsep baru deh gan mesti bikin nama atau logo brand nya. Kalo ada duit lebih Agan bisa cari logo desainer yang agan ngrasa cocok dengan desainnya. Kalo gak ada budget untuk ini juga gak masalah. Yang penting agan tentuin nama brand nya dulu. Urusan logo bisa nomor sekian.

3. Persiapan Produk

Quote:

Distro adalah tempat buat nitipin dagangan (kaos, sepatu, topi, dll). Jadi agan bisa cari relasi yang mau nitip di distro agan agan. Oke anggap lah untuk awal buka masih belon ada temen kenalan dari clothingan, ya agan musti terpaksa modal dikit buat ngisi distro nya agan dengan sedikit dagangan. Cara nya cari supplier produk distro yang mau kasi harga enak. Bikin perjanjian, kalo produknya gak laku dalam beberapa bulan, nnt bisa tukar dengan produk baru. Kalo agan masih bingung dimana cari supplier produk distro gitu Agan bisa kontak ane aja, ane punya distro beserta produk produk distro keren dari Bali. Siap membantu agan agan semua yang mau berkarir di bisnis distro/clothing.

4. Relasi

Quote:

Setiap yang namanya bisnis pasti gak bisa lepas dari yang namanya relasi. Nah relasi yang ane maksud untuk bisnis distro ini bisa mencakup tempat sablon, penjual kain, tukang jahit, tukang setting desain kaos, dan lain lain. Intinya banyak banyakin bertemen deh gan. Toh gak ada rugi nya kok. Kali aja pas cari relasi bisnis malah bisa ketemu jodoh.

5. Team Kerja

Quote:

Ane pribadi waktu awal buka distro, semua mesti dikerjakan sendiri tanpa team. Ane cuma menggunakan tenaga sewaan atau outsource. Misalkan jasa tukang kayu untuk bikin rak kayu, tukang sablon dan jarit, dsb. Sisanya ane kerjain sendiri. Jaga distro, bersih bersih, ngedesain produk, ampe urus pembukuan dagangan juga ane kerjain sendiri. Itu membentuk mental dan mengasah skill nya agan agan kok. Tapi situasi itu gak berlangsung lama, dalam waktu 2 bulan ane dah bisa sewa 2 orang shop keeper yang cuantik cuantik. Trus nyusul accounting, dan admin.

6. Tempat Usaha

Quote:

Nah, ini yang sedikit gampang gampang susah dan membutuhkan sedikit keberuntungan untuk bisa menemukan tempat yang layak, sesuai budget, dan lokasi. Ane sendiri gak tau berapa pasaran harga sewa tempat di daerah tinggal Agan, tp silahkan disesuaikan dengan kemampuan kantong ya. Untuk awal gak usah sewa tempat yg luas. Yang penting aman, bersih, cukup rame.

7. Promosi

Quote:

Setelah produk jadi, distro udah buka, tapi kok kagak ada yang mampir ya ?? Nah, ini saatnya promosi, gak ada bisnis yg gak pake promosi. Konteks promosi ini yang luas banget kalo mau di bahas, tp secara garis besar, pengalaman ane promosiin distro ane cuma dari stiker, ikut sponsor acara music, dan promosi dari mulut ke mulut. Pokoknya konsisten aja, waktu akan menjawabnya. 2-3 bulan pasti bisa mulai senyum. Kalo ada duit lebih agan bisa promosi lebih juga, di radio, majalah, ya dimana aja yang sesuai sama target brand nya.

8. Sumber Pemasukan Cadangan

Quote:

Nah, sebaiknya sejak awal agan udah mulai mengantisipasi musim paceklik. Caranya ? Ya agan bisa menerima orderan bikin kaos untuk anak anak SMA, atau sekedar buka stand kecil jual juice di depan distro agan, kan lumayan nambah penghasilan.

9. Action

Quote:

Action dan gak usah ribet maksudnya nya gak usah mikirin yang nggak nggak dulu gan. Takut gak laku, takut ini, takut itu, mending coba dulu. Gak ada yang lebih gak enak dari pada mati penasaran. Untuk pemula kadang juga terlalu perfeksionis. Menunggu segala nya sempurna. Tapi ane saranin jangan terlalu lama, banyak menunda, banyak juga rejeki dan peluang yang di ambil pesaing.

Segitu dulu yang bisa ane share di sini gan, bukan maksud menggurui atau gimana, Cuma berbagi pengalaman aja.


http://khiboblog.blogspot.com

1 komentar:

  1. I recently read all of the articles.
    I appreciate you and I am learning additional information that is beneficial to me.
    Keep up the good work. Thanks so much for sharing, checkout this post utme past questions for aust

    BalasHapus

https://www.facebook.com/OeinkAeink90